Wednesday, March 15, 2017

One Day Trip to Pemandian Air Panas Ciseeng Bogor

Kolam Air Panas Tirta Sanita Ciseeng terletak di Jalan Cogreg, Desa Bojong Indah, Kecamatan Parung, Bogor. Pemandian air panas ini berjarak sekitar 50 km dari kota Jakarta atau 1,5 jam perjalanan dengan mobil. Berdasarkan penelitan TEMAC Thai Engineering Materials Analysis, C. Ltd., air panas di Tirta Sanita Ciseeng berasal dari gunung kapur yang mengandung belerang alami dan bermanfaat untuk mengobati penyakit tulang maupun kulit. Selain itu, air panas di Tirta Sanita Ciseeng juga mengandung garam yang dapat membuat kulit menjadi semakin mulus setelah berendam.
====================================================
One Day Trip ini masih merupakan rangkaian perjalanan sebelumnya di hari yang sama, yakni trip ke Gunung Munara. Setelah lelah dengan pendakian gunung munara, kami memutuskan untuk menuju pemandian ini karena masih dalam satu area dan tentunya godaan foto foto di instagram yang membuat kami makin penasaran untuk ke tempat ini.



Harga tiket masuk pemandian Tirta Sanita adalah 12.000 Rupiah (hari libur) dan 10.000 Rupiah (hari biasa) untuk dewasa, dan 8.000 Rupiah untuk anak di hari biasa maupun di hari libur. Tarif parkir adalah 3.000 Rupiah untuk motor, 5.000 Rupiah untuk mobil, dan 10.000 Rupiah untuk bus. Namun Anda harus berhati-hati, karena terkadang ada penjual tiket liar yang menjual tiket seharga 40.000 Rupiah. Biasanya penjual tiket liar ini berada di pintu masuk non-resmi Tirta Sanita. Untuk kolam rendam, dikenakan tarif 5.000 Rupiah per orangnya.



Sebagaimana layaknya pemandian air panas lainnya,...menikmati air panas belerang adalah dengan berendam sambil membersihkan kulit, hawa panasnya membuat rileks dan nyaman.

Berhubung kami datangnya sudah sore hari dan cuaca juga gerimis, pengelola memberikan peringatan untuk tidak mandi atau berendam di kolam air panas yang terbuka, karena sangat rawan petir, sehingga kami diarahkan untuk berendam di kolam yang ada tutupnya. Kalau saya amati, semakin malam tempat ini makin ramai, sepertinya banyak orang yang datang mungkin sekaligus untuk terapi kesehatan.
  

Transportasi...🏍

Untuk mengakses pemandian ini, dapat ditempuh melalui:
  1. Jalur Bogor – Jampang hingga ke perempatan Ciseeng, kemudian ambil jalan lurus ke gunung kapur.
  2. Dari Bogor menuju Pasar Parung – Bojong Indah, kemudian ambil jalan ke kiri menuju gunung kapur.
  3. Dari Jakarta, jalan menuju Tirta Sanita sebaiknya melalui tol Pondok Indah – Serpong kemudian melewati Muncul / Puspitek sampai ke perempatan Pasar Prungpung dan ambil jalan lurus kurang lebih 4 km menuju lokasi yang berada di kiri jalan.
  4. Dari Pasar Ciputat, Jakarta menuju ke Parung kemudian ambil jalan belok ke kanan menuju Ciseeng.
  5. Jika tidak melalui tol, dari Jakarta menuju Tirta Sanita Ciseeng dapat diakses dari Lebak Bulus – Pondok Cabe – Parung – belok kanan menuju Ciseeng.
  6. Dari Depok ke Sawangan menuju Pasar Parung kemudian lurus ke gunung kapur.
  7. Dari Tangerang menuju Serpong kemudian Puspitek – Pasar Prumpung lalu lurus ke arah gunung kapur.

Jika menggunakan transportasi umum, gunakan angkot D-29 dari Ciputat yang menuju Parung, kemudian berhenti di pertigaan menuju Ciseeng (Anda dapat bertanya kepada sopir angkot jika tidak tahu), dan naik angkot lagi jurusan Ciseeng – Muncul (semua angkot menuju pemandian air panas Tirta Sanita) atau naik ojek menuju Tirta Sanita Ciseeng. 


===========================================

1 comment:

  1. Disini aku mau Sharing aja ya
    Banyak temen aku yang tercukupi kebutuhannya tanpa kerja
    Caranya bagaimana?? hanya mengeluarkan 10 ribu
    untuk bermain di www. pokerayam .com hanya hitungan menit saja
    ratusan hingga jutaan pun didapat dikarenakan pokerayam
    selalu memberikan promo dan keberuntungan kepada member setianya
    banyak promo dan hadiah menarik yang akan update disetiap saat
    yuk silahkan bergabung pada pokerayam jangan lewatkan
    MODAL 10 ribu MENJADI 1 JUTA
    info keberuntungan lebih lanjut bbm : D8E5205A

    ReplyDelete