Monday, March 13, 2017

Explore Cilacap Part I ;Teluk Penyu


Edisi #travelonduty kali ini adalah kota Cilacap, kota kecil nan indah dimana seminggu kami berada disini. Menginap di Hotel Dafam Cilacap, kami pun menyempatkan diri untuk mengunjungi beberapa spot wisata terdekat selain tentunya explore kuliner khas Cilacap, daaaan…… Teluk Penyu dan Benteng Pendem menjadi pilihan.
=====================================================

Pantai Teluk Penyu terletak di kecamatan Cilacap, Jawa Tengah. Jika dari pusat kabupaten Cilacap berjarak sekitar 2 km. Akses menuju lokasi Pantai Teluk Penyu sangat mudah karena dapat dijangkau dengan kendaraan umum dan pribadi. Kawasan pantai yang membujur dari utara (Pelabuhan Perikanan Samudra Cilacap), ke selatan (Pulau Nusakambangan) dengan panorama gelombang laut yang cukup besar, kapal-kapal tanker yang keluar masuk Pelabuhan Tanjung Intan dan perahu-perahu nelayan tradisional yang berlalu lalang di sepanjang pantai Teluk Penyu serta tegarnya Kilang Pertamina dan Pulau Nusakambangan menambah indahnya suasana pantai.
Namanya memang cukup unik karena awalnya pantai ini digunakan sebagai tempat pengembangan penyu. Namun saat ini sudah tidak banyak penyu ada di lokasi pantai ini. Ciri khas dari Pantai Teluk Penyu ini adalah pasirnya berwarna hitam dan memiliki ombak yang besar.

Melihat keindahan Pantai Teluk Penyu kami lakukan  dua kali, kali pertama kami berkunjung sore hari dengan niat untuk melihat keindahan sunset, namun sayangnya kami kesorean, namun keindahan pantai yang menjelang sore tetap terlihat indah. Kali keduanya adalah siang hari, dimana panasnya begitu terik, di siang hari kami lebih bisa meng-explore pantai ini, termasuk melihat beberapa orang pemancing, dan bertemu  pengunjung/wisatawan lokal. Di malam sore dan malam hari banyak perahu yang sudah sandar baik itu perahu nelayan maupun perahu yang dikhususkan untuk mengangkut penumpang/wisatawan ke pulau pulau terdekat. Sementara di siang hari peragu perahu tersebut menuju laut untuk mencari ikan, dan sebagian lagi digunakan untuk mengangkut penumpang untuk wisata, seperti kami saat itu ditawari untuk menaiki perahu dan menyeberang ke beberapa pulau seperti pulau pasir putih, namun karena sudah terbiasa kamipun menolak tawaran tersebut.


Bagi teman teman yang hendak membeli buah tangan sekaligus kelaparan, di sekitar Pantai Teluk Penyu terdapat warung-warung makan masakan sea food yang berjejer di area pantai, toko-toko hiasan aksesoris, cendramata, souvenir.  Ada juga kios-kios khusus menjual ikan laut, baik ikan asin kering ataupun ikan segar yang siap di masak. Ada juga toko pakaian dan layang-layang yang dijual di sepanjang pinggir jalan menuju ke pantai teluk penyu.



===============================================================

No comments:

Post a Comment