Monday, June 12, 2017

Travel On Duty Edisi Semarang (Part III); Masjid Kapal Semarang

Masjid unik ini berada di kampung pinggiran Semarang wilayah Barat. Tepatnya di Jalan Kyai Padak RT 5/RW 5, Kelurahan Podorejo Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang, Jawa Tengah. Sekitar 15 kilometer dari bandara A Yani. Dari bundaran Kalibanteng ke arah barat melewati UIN Semarang menuju BSB belok ke kanan. Di kampung dekat hutan itulah seorang kyai bernama Achmad membangun masjid unik ini seluas 2.500 meter persegi.

Bentuknya mirip kapal memanjang berlantai tiga. Karena keunikannya, masjid ini langsung viral di media sosial. Orang-orang mengunjunginya. " Masjid Kapal" ini dibangun berlantai tiga. Lantai pertama ruang pertemuan, lantai dua untuk masjid, dan lantai tiga untuk aktivitas mengajar dan balai kerja.


Bentuk kapal memang terinspirasi dari kapal atau bahtera milik Nabi Nuh AS. Kaumnya yang suka berbuat maksiat dan lebih suka menyembah berhala yang akhirnya dilaknat Allah SWT dengan banjir besar. Sehingga yang tersisa adalah pengikut Nabi Nuh AS yang mau mengikuti perintah Allah SWT dan selamat setelah naik kapal yang dibuat Nabi Nuh As.
Bangunan dengan luas total 2.500 meter persegi ini berdiri di atas lahan seluas 7,5 hektare. Selain bangunan berbentuk kapal, nantinya akan ada dua bangunan lain. Satu bangunan untuk klinik yang ada di sebelah kiri, dan asrama putri yang ada di belakang bangunan utama. Bangunan tiga lantai dengan panjang 50 meter, lebar 17 meter, dan tinggi 14 meter itu nantinya juga dipergunakan untuk sekolah kejuruan atau pelatihan kerja, klinik kesehatan bagi masyarakat sekitar, dan ballroom.
Bangunan Majid Kapal Semarang dengan enam pintu utama di samping kanan dan kiri ini memiliki 74 jendela berbentuk bulat yang didesain oleh seorang arsitek. Karena berbentuk kapal, dalam pengerjaannya mengalami kendala di bagian tubuh kapal. Bahan yang digunakan adalah batu bata, sementara di sepanjang pinggir bangunan dibuat kolam agar bangunan benar-benar tampak seperti kapal di atas air.

No comments:

Post a Comment