Wednesday, April 5, 2017

One Day Trip to Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk di Utara Jakarta

Tergiur dengan indahnya postingan di Instagram tentang Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk Jakarta Utara, membuat saya dan rekan menyempatkan diri untuk berkunjung kesini. Berlokasi tidak jauh dari Bandara Udara Seokarno Hatta menjadikannya pemandangan tersendiri, dimana kita bisa melihat pesawat terbang dalam ketinggian yang lumayan rendah,....Yah,,..buat warga Jakarta dan sekitarnya yang bosen liburan nge mall terus, tempat ini bisa menjadi alternatif pilihan wisata.
====================================================
Minggu, 02 April 2017 dengan menggunakan kendaraan roda empat kami berangkat menuju Hutan Mangrove yang berlokasi di wilayah Jakarta Utara, tidak sulit menemukan lokasi ini karena searah kalau kita mau ke Bandara Internasional Soekarno Hatta, walau faktanya kami sempet "nyasar" juga, karena salah keluar tol...hehehhe.......


HTM wisata alam Hutan Mangrove sebesar Rp. 25.000/orang untuk wisatawan nusantara dan Rp. 250.000 untuk wisatawan mancanegara. Tidak jauh setelah loket penjualan tiket ada Masjid Al Hikmah di sebelah kiri jalan. Lurus terus merupakan tempat parkir dan tempat pengecekan tiket wisata. Kantin hanya ada satu, lokasinya tidak jauh dari tempat pengecekan tiket masuk. Kantin ini menyediakan minuman dingin, snack/gorengan, popmie, tapi tidak menyediakan makanan berat (nasi). Satu komplek dengan kantin, ada juga mushola dan toilet.



Oyah,….di tempat pengecekan tiket, petugas akan menanyakan apakah wisatawan membawa kamera selain hp atau tidak. Pengunjung dilarang membawa kamera, sehingga diminta untuk menitipkannya, apabila kedapatan membawa kamera akan di denda sebesar Rp. 1.500.000,- . Untuk hal ini masih menjadi tanda tanya besar bagi saya pribadi, petugas pun tidak memberikan jawaban yang jelas tentang pelarangan membawa kamera ini (mungkin ada yang bisa bantu jawab???),….


 

Berikut ini informasi tentang Taman Wisata Alam Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk, Jakarta :
🏤Lokasi & Kantor :
Taman Wisata Alam Angke Kapuk
Kapuk Muara
Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara
Telp. 021-2903 3066 / 0815 8030 933 / 0819 3225 4370
Fax. 021-2903 3077
🎫Tiket Rekreasi:
Turis Nusantara Rp. 25.000
Turis Mancanegara Rp. 250.000
Parkir Motor Rp. 5000/unit
Parkir Mobil Rp. 10.000/unit
Parkir Bus Rp. 50.000/unit
🎫Tiket Wisata Air:
Naik perahu Rp. 250.000/6 orang/perahu
Naik perahu Rp. 350.000/8 orang/perahu
Kano & Perahu Dayung Rp. 100.000/45 menit


Buat rekan-rekan yang hendak berkunjung kesini di siang hari, saya sarankan membawa topi atau bahkan paying, sebab pengalaman saya kemarin cuaca begitu terik, setelah itu tiba-tiba mendadak hujan deras, jadi pepatah yang berbunyi sedia payung sebelum hujan, memang benar adanya,..hehehehee…..


Ada sedikit catatan bagi saya terhadap lokasi ini yakni  soal kebesihan dan perawatan. Dalam hal kebersihan banyak sampah berserakan, kepedulian pengunjung untuk membuat sampah pada tempatnya terlihat kurang, mungkin sampah sampah yang ada tidak hanya disebabkan dari pengunjung, bisa jadi bawaan dari arus air laut. Minimnya tempat sampah juga menjadi catatan tersendiri, padahal pengunjung diperbolehkan membawa makanan dan banyak duduk duduk di beberapa area spot, namun sangat jarang ada tempat sampah.



Dalam hal perawatan, sudah banyak jembatan yang sudah rusak dan hanya ditambal seadanya dengan kayu atau papan, memang saat kami berkunjung sedang dilakukan penggantian jembatan dari jembatan bambu menjadi kayu papan semoga nantinya akan terlihat makin indah dan kokoh.  Kemudian rumah atau pondok atau apalah namanya yang terdapat pada pinggir jembatan terlihat tidak terawatt, terkunci, tidak jelas untuk apa keperuntukannya. Hemat saya alangkah baiknya tempat tersebut disewakan sebagai tempat istirahat pengunjung sehingga manfaatnya jelas bukan hanya sekedar hiasan (end).

2 comments:

  1. SINIDOMINO | Friends... Mania Poker Join permainan Poker secara Online dan jadilah pemenang Royal Flush dengan jackpot hingga ratusan juta hanya di situs resmi terbaik dan terpercaya sinidomino . Anda menang kami bangga , karna kami dapat membuktikan Hokki anda hanya bersama sinidomino. Bersama jutaan Player di indonesia mainkan games poker
    ★ Poker
    ★ Kiu-Kiu
    ★ Adu Q
    ★ Capsa
    ★ Bandar Poker
    ★ Bandar Q
    ★ Sakong
    Dan Promo yang dapat anda Claim
    ♥ Minimal DEPOSIT & WITHDRAW Rp.20.000,-,
    ♥ Jackpot Hingga Jutaan Rupiah Setiap Harinya
    ♥ Bonus Mingguan 0.5%
    ♥ Bonus Referral 20% Seumur Hidup
    Info & Promo :
    Live Chat : www*sinidomino*com
    Pin BBM : D61E3506
    Line : sinidomino
    Whatsapp : +85598249684
    Salam Winner Real Play Real Pay Goodluck !!!
    poker online

    ReplyDelete
  2. thanks for the information you have given me very happy with this information hopefully for the next information will be more useful thanks
    judi poker

    ReplyDelete