Friday, January 22, 2016

Jembangan View; Surga Tersembunyi di Kebumen----KEBUMEN RASA BALI---

Jumat, 22 Januari 2016, tiba-tiba salah satu teman saya memperlihatkan foto salah satu tempat baru di wilayah Kebumen, reaksi pertama yang muncul saat itu,...mmhhh....bagus, keren,...tapi ayoo kita buktikan hari ini, apakah sebagus fotonya. Singkat cerita selepas sholat Jumat, kami sepakat untuk berangkat kesana, karena terhitung dekat dari Kutoarjo. Tempat yang kami tuju adalah Jembangan View - Kebumen, dengan menempuh waktu sekitar 45 menit, kami sampai di lokasi yang dituju, lebih cepat karena kami melalui jalan pintas, yakni tidak melalui Kebumen, melainkan lewat Prembun, bingung yah?...ya itu aja penjelasannya karena saya juga kurang paham....hahahaha..........
Perjalanan menuju lokasi juga memiliki cerita tersendiri, karena kami harus melalui waduk/bendungan yang jalannya tidak terlalu luas, kesempatan melalui tempat ini, tidak kami sia-siakan untuk berfoto karena jujur view nya keren banget menurut saya,......khusus tentang Bendung Pejengkolan bisa dibaca di postingan saya yang berikutnya.
Puas berfoto di waduk/bendung Pejengkolan kami melanjutkan perjalanan ke Jembangan View. Jalannya lumayan sempit namun sudah ber-aspal. Tiba di gerbang masuk, kami diterima oleh petugas membayar tiket per orang Rp. 3.000,- dan parkir mobil Rp. 4.000,-. Keindahan lokasi sudah terlihat dimana hamparan waduk atau danau yang berwarna hijau yang dikelilingi oleh pohon-pohon hijau, di lokasi nampak beberapa pondok tempat makan persis di tepi danau, kemudian terdapat beberapa perahu dan kereta air yang bisa disewa untuk ke tengah danau. Kami kemudian melanjutkan ke lokasi yang agak tinggi yakni Jembangan View, disini fasilitasnya sudah lumayan bagus, terawat dan masih terus dibangun beberapa spot/tempat, karena terlihat ada beberapa tukang yang mengerjakan pembangunan restoran dan pondok-pondok makan.
 
 
Menurut saya tempat ini rekomen banget buat teman-teman yang suka wisata alam, masih alami dan lumayan terawat. Saya pribadi ga nyangka aja ada tempat sebagus ini di Kebumen, makanya kemaren setelah sampai di lokasi spontan saya menyebutkan inilah "Kebumen rasa Bali!!!!",...reaksi teman-teman saya pun sama, ketika saya update foto di beberapa sosmed, pertanyaan yang pertama muncul adalah, "kamu lagi di Bali yah?",...hahahahhaa............
Buat teman-teman lokasi wisata Jembangan View ini berlokasi di desa Jembangan, Pejengkolan, kecamatan Poncowarno, kabupaten Kebumen. Kecamatan Poncowarno ini merupakan Kecamatan di sebelah timur utara dari kabupaten Kebumen yang terletak pada dataran tinggi, dengan jarak kurang lebih 20 km dari kota Kebumen. Sarana jalan menuju lokasi wisata Jembangan Kebumen dari arah barat (Bulupitu, Kutowinangun, Poncowarno, Pejengkolan) ini sudah sangat mendukung yaitu jalan perbukitan di wilayah  timur laut Kebumen yang beraspal hitam kuat, dengan jalan berkelok-kelok mengikuti topografi yang ada. Namun jalan menuju Jembangan dari arah timur (di desa Kabuaran) yaitu belok kiri dari jalur utama Prembun-Wonosobo, kondisi jalannya masih kurang bagus.
Untuk arah jalan atau jalur ke Jembangan dari timur wilayah kabupaten Kebumen, seperti dari Kutoarjo, Purworejo, Wates, Kulonprogo, Jogja, Magelang, Muntilan, Salatiga, Semarang, dst adalah ke arah barat sampai pada terminal Prembun, maju sedikit sampai ke lampu Bangjo, belok ke kanan mengikuti jalur atau jalan raya Prembun – Wadaslintang. Dan nanti saat masuk ke desa Kabuaran di sebelah kiri / barat jalan raya ada papan nama/spanduk atau plang penunjuk arah lokasi wisata Jembangan. Dari papan atau spanduk pintu masuk ke arah Jembangan di desa Kabuaran tersebut membutuhkan waktu sekitar 25 menit untuk bisa sampai ke lokasi wisata  danau Jembangan.  
 
Selain menikmati view alam yang begitu indah, di tempat ini juga terdapat beberapa sarana hiburan yang bisa dinikmati sebagaimana yang sudah saya ceritain di awal tadi. Kemaren memang saya tidak sempat menaiki beberapa wahana tersebut karena sudah kesorean dan hujan, namun info ini mungkin berguna bagi teman-teman yang mau kesana...yakni beberapa spot/titik lokasi yang ditawarkan disini :
pemandangan telaga hijau Jembangan yang luas
  1.  Jembatan gantung dan jembatan Pejengkolan
  2.  Wahana untuk belajar atau permainan anak (perosotan, ayunan, putaran, dll)
  3.  Jembangan Fantasy Zoo (kebun binatang Jembangan)
  4. Wahana perahu air (perahu air unit kecil menggunakan tenaga manusia, dan perahu air berbentuk naga yang menggunakan mesin untuk menjalankannya). Perahu unit kecil disewakan dengan harga per unit Rp 15.000 untuk kapasitas 2 orang, sementara Perahu Naga disewakan dengan harga Rp 15.000/orang. Dengan lama penggunaan adalah 30 menit.
Nah, UPDATE terbaru ni teman-teman,... karena postingan ini, saya dan teman-teman ke lokasi ini lagi karena mereka minta diajak kesini, alhasil untuk kedua kalinya saya ke Jembangan View (240116), perbedaannya kalau sebelumnya saya datang sore hari ini, kali ini kami datang pagi hari,..menurut saya kurang rekomen yah untuk datang pagi menjelang siang, karena panasnya begitu terik sehingga kurang nyaman....jadi saran saya kalau ga pagi-pagi banget (bisa lihat sunrise) ya sore skalian hingga malam hari (tutup jam 21.00 WIB). Kemudian di weekend (sabtu dan minggu) pengunjung lumayan banyak, bahkan menggunakan bus, jadi kalau bisa teman-teman yang mau kesini usahan di weekday sehingga sepi, nyaman dan bisa menikmati lokasi ini dengan leluasa.
 
 

So,...tunggu apalagi temans, jadikan lokasi ini salah tujuan travelling kalian!!!!,....HAPPY TRAVELLING!!!!..berikut saya tampilkan video tentang lokasi Jembangan View biar menambah penasaran teman-teman sekalian untuk datang,......

3 comments: